Selasa, 23 Desember 2014

Pelumas mesin




Nah postingan kali ini kita bahas masalah pelumas. Pelumas tidak hanya Oli mesin, tapi ada banyak pelumas, mulai dari oli mesin diesel, oli rem/minyak rem, gemuk(stempet), 
oli roda gigi, minyak transmisi, minyak power steering dan banyak lagi gan.

 

Tapi saya akan menjelaskan beberapa saja. Dah lah, langsung saja.
1.       OLI MESIN BENSIN.
Sifat utamanya

a.       Sebagai pelumasan. Ini menghindari keausan pada part mesin yang bersinggungan.
b.      Bersifat pendingin. Pembakaran menimbulkan panas yang menyebabkan part mesin juga panas, hal ini dap[at menyebabkan keausan.
c.       Sebagai perapat. Oli membentuk semacam lapisan diantara torak dan silinder, ini berfungsi mencegah hilangnya tenaga.
d.      Bersifat pembersih.
e.      Sebagai penyerap getaran.
Syarat oli mesin bensin:
a.       Memiliki kekentalan yang tepat.
b.      Tidak berbusa.
c.       Anti karat.
Derajat kekentalan tidak termasuk kekentalan yang ditunjukan oleh huruf ‘W’.
Contoh: SAE10W-30. Maksudnya, oli mesin standar, olinya SAE10 pada -200 dan standar oli sampai SAE30 pada 1000C.
Klasifikasi API(American Petroleum Institute)
Klasifikasi API
PENGGUNAAN DAN KUALITAS OLI
SA
MINYAK MURNI
SB
DIGUNAKAN MESIN OPERASI RINGAN YANG MENGANDUNG SEDIKIT ANTI OXIDENT
SC
OLI YANG MENGANDUNG DETERGENT DISPERSENT, ANTI OXIDENT DLL
SD
DIGUNAKAN MESIN OPERASI TEMPERATUR TINGGI ANG MENGANDUNG ANTI OXIDENT, DETERGENT DISPERSENT DAN RESISTING AGENT.
SE
DIGUNAKAN MESIN OPERASI SEDANG, KANDUNGAN SAMA DENGAN ‘SD’ (diatas)
SF
TINGKAT OLI TINGGI DAN DAYA TAHAN PALING BAIK
Dst.
Jika pada diesel, hanya diganti C, misal CA, CB, CC, CD dst.
2.       GEMUK.
Gemuk yaitu pelumas setengah padat, setengah cair (sama aja), terserah mau bilang yang mana.
Keuntungan Gemuk:
1.       Pelumasan tahan lama, karena gemuk tidak mengalir dan menyebar.
2.       Bersifat perapat yang sempurna dan mencegah benda asing (kotoran(debu, bukan kotoran yang itu) masuk pada permukaan yang dilumasi.
3.       Daya tahan terhadap beban tinggi.
Kerugian gemuk:
1.       Lebih sulit perawatannya(penggantian dan pembersihan)
2.       Tahanan gerak yang besar.
3.       Cepat panas, sulit dingin.
4.       Sulit larut dalam kotoran.
TIPE GEMUK.
a.       Gemuk chassis. Ada dua tipe.
1.       Lithium Soap Base Multi purpose Grease (NLGI #2)
Tahan terhadap air dan panas. Penggunaanya terdapat di bagian kopling, king pin, proppeler shaft, shackle pin dll.
2.       Molybdenum disulfide lithium soap base.
Mempunyai kemampuan gemuk sangat tinggi. Digunakan dalam area yang tahantekanan tinggi (clutch, ball joint, suspension arm dll.)
b.      Gemuk bantaalan roda dan masih banyak tipe gemuk lainnya.

Sekian gan, semoga bermanfaat.
Terimakasih atas kunjungannya. Wassalam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar