Rabu, 24 Desember 2014

OHV.OHC dan DOHC


OHV,OHC dan DOHC apa sih itu?
Pasti sering melihat tapi gak tau artinya dan gimana cara kerjanya, apa kelebihannya dan apa kekurangannya. Tenang, saya akan menjelaskannya.



1.       OHV(Over Head Valve)
 Pada bagian kepala silindernya hanya terdapat velve(katup) dan rocker arm. Sedangkan camshaft-nya ada di bawah dan dihubungkan ke rocker arm melalui Push Rod. Mekanisme ini cukup sederhana dan tahan lama.
2.       OHC sama dengan SOHC (Single Over Head Camshaft)

Pada tipe ini, camshaft diletakan di atas kepala silinder dan cam juga langsung menggerakan rocker arm tanpa lifter dan Push Rod. Cmshaft digerakan oleh tali penggerak. Ada 3 macam penggerak Camshaft, nanti saya jelaskan di akhir. Kelebihannya adalah berat bagian yang bergerak menjadi berkurang, kemampuannya pada kecepatan tinggi cukup baik, karena katup terbuka dan menutup lebih sempurna dan stabil.

3.       DOHC(Double Over Head Camshaft)
 Adalah dimana penempatan camshaft berada di atas kepala silinder yang jumlahnya ada 2, camshaft pertama untuk intake valve(katup masuk) dan camshaft kedua untuk exhaust valve(katup buang). Konstruksi mesin pada DOHC sangat rumit. Kelebihannya perfoma mesin lebih baik pada putaran tinggi, katup membuka dan menutup lebih stabil, berat part yang bergerak menjadi lebih berkurang dan banyak lagi.

MACAM MACAM PENGHUBUNG/TALI PENGGERAK CAMSHAFT

1.       TIMING BELT (SABUK)
Biasanya orang orang menyebutnya dengan fanbelt, hanya ini khusus untuk menggerakan camshaft. Sabuknya di bagian dalam terdapat rigi riginya.
2.       TIMING CHAIN (RANTAI)

3.       TIMING GEAR (RODA GIGI/GIR)


Sekian bung. Wassalam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar